Yuk, Cari Tahu Perbedaan Xiaomi Redmi 9 dan Redmi 8 Ini!

Sudah bukan rahasia lagi kalau Xiaomi memiliki banyak seri produk untuk segmen pasar yang beragam, contohnya seperti seri Mi, Mi Note, Redmi Note, dan masih banyak lagi. Nah, pada Juni 2020, ada tambahan produk untuk seri Redmi, yakni Redmi 9.

Ponsel ini tentunya merupakan suksesor dari Redmi 8 yang telah hadir pada tahun 2019. Kira-kira apa saja ya peningkatan yang dibawa oleh Redmi 9? Apakah sepadan untuk mengganti ponsel dari Redmi 8 ke Redmi 9? Daripada bertanya-tanya, langsung saja baca beberapa poin perbedaan Redmi 9 dan Redmi 8 pada artikel ini.

Spesifikasi Redmi 9

  • Layar: IPS LCD, 6.53 inches
  • Chipset: Mediatek Helio G80 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Quad 13 MP, 8 MP, 5 MP, 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5020 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Redmi 8

Redmi 8 Biru

  • Layar: IPS LCD, 6.22 inches
  • Chipset: Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A53 & 6×1.45 GHz Cortex A53)
  • GPU: Adreno 505
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal: microSD (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Dual 12 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Redmi 9 dan Redmi 8

Mungkin Anda menduga adanya berbagai peningkatan drastis dari segi fitur dan spesifikasi. Apakah Redmi 9 mampu melebihi ekspektasi Anda? Simak beberapa perbedaan berikut.

1. Ukuran Layar

redmi 9 notch

Sudah sewajarnya ukuran layar menjadi bahan pertimbangan saat memilih ponsel. Untungnya, perbedaan Redmi 8 dan Redmi 9 tidak begitu kentara.

Sementara Redmi 9 hadir dengan ukuran 6,53 inci dan resolusi 1080 x 2340 piksel, ukuran layar Redmi 8 hanya sedikit lebih kecil, yakni 6,22 inci. Walau perbedaan ukurannya tipis, Redmi 8 memiliki kekurangan di bidang resolusinya yang hanya sebesar 720 x 1520.

Alhasil jika Anda menonton film, Redmi 9 tentu lebih baik dalam menampilkan kualitas yang jernih dan tajam. Semakin diperkuat dengan kerapatan piksel Redmi 9 yang sebesar 395 ppi, sedangkan Redmi 8 hanya 270 ppi.

Dari segi tingkat kecerahan layar, keduanya sama-sama menghadirkan angka 400 nits sehingga kedunya memiliki kemampuan yang sama untuk membuat tulisan di layar tampak jelas walau di luar ruangan.

2. Gorilla Glass 3 vs. Gorilla Glass 5

layar redmi 9

Masih berkutat di layar, baik Redmi 9 dan Redmi 8 menambahkan lapisan kaca Corning Gorilla Glass supaya layar tidak mudah tergores ataupun retak.

Hal ini tentu layak diapresiasi karena Anda tidak perlu repot-repot lagi menambahkan lapisan tempered glass. Namun, tahukan Anda bahwa Redmi 8 dan 9 memiliki versi Gorilla Glass yang berbeda?

Ya, Redmi 8 sudah dibekali Gorilla Glass 5 yang diklaim mampu bertahan meski telah dijatuhkan dari ketinggian 1,2 meter. Lebih unggul ketimbang Redmi 9 yang hanya menghadirkan Gorilla Glass 3.

2. Versi Android Saat Rilis

miui 12

Karena perilisan Redmi 9 terpaut satu tahun setelah Redmi 8, perbedaan versi Android ini memang cukup lumrah. Redmi 8 masih didukung oleh Android 9.0 Pie berbalutkan skin MIUI 11 sementara Redmi 9 sudah dihadirkan dengan MIUI 12 yang berbasiskan Android 10.

Alhasil dari segi fitur Redmi 9 sungguh lebih unggul karena bisa membuat keseluruhan sistem pada ponsel penggunakan Dark Mode dalam sekali tap. Ini adalah salah satu fitur unggulan Android 10, dan tentu saja masih banyak fitur berguna lainnya seperti sistem keamanan lebih baik, Smart Reply, pengaturan notifikasi, dan sebagainya.

Untungnya Redmi 8 masih bisa di-upgrade ke Android 10 melalui OTA. Bahkan, dilansir dari GizmoChina, Redmi 8 termasuk pada gelombang kedua dalam pendistribusian MIUI 12 global.

Namun, ada satu hal yang perlu Anda ketahui. Setiap ponsel akan diberikan support OTA selama 2 tahun. Sehingga pada 2 tahun setelah perilisan Redmi 9 (2022), ponsel ini diekspektasikan masih akan mendapatkan update terbaru. Sedangkan Redmi 8 kemungkinan hanya akan mendapatkan major update hingga 2021 saja.

4. Helio G80 vs. Snapdragon 439

helio g80

Inilah yang cukup membuat ponsel Xiaomi layak dinikmati. Walau berada di harga yang terjangkau, Xiaomi cenderung sering menawarkan chipset berkelas pada deretan ponselnya. Lalu apakah Redmi 8 dan Redmi 9 sama tangguhnya dalam memainkan game berat?

Seperti yang sudah ditebak, Redmi 8 yang merupakan HP keluaran 2019 tidak dapat mengungguli Redmi 9. Ponsel Redmi 8 yang merupakan generasi pendahulunya ini hanya dibekali dengan Snapdragon 439. Memang, berbagai aplikasi dan game nyatanya banyak yang dioptimasi pada chipset Snapdragon, salah satu alasan mengapa Snapdragon selalu digemari oleh banyak orang.

Tapi, seri 439 sayangnya sudah ketinggalan zaman dan mulai ditinggalkan ponsel-ponsel di harga 1 jutaan. Sementara itu, Redmi 9 yang membawa chipset Helio G80 tentu sebuah peningkatan yang sangat drastis. Helio G80 diklaim memiliki sokongan memori bandwidth yang lebih tinggi, serta dirilis hampir dua tahun setelah dikeluarkannya Snapdragon 439.

Beralih ke benchmark, Helio G80 memang terbukti lebih gahar dengan skornya yang mencapai 201.767 poin (AnTuTu 8). Angka ini lebih besar dua kali lipat ketimbang Snapdragon 439 yang hanya meraih skor 89.603. Dalam hal ini, jelas siapa yang keluar sebagai pemenang. Redmi 9 mutlak menjadi kontestan dengan performa yang jauh lebih unggul.

5. Resolusi Kamera

kamera redmi 9

Di sinilah perbedaan keduanya yang cukup mencolok. Mau tidak mau, Redmi 9 memang harus diakui kebolehannya karena menghadirkan konfigurasi empat lensa dengan harga yang ditawarkannya. Redmi 8 yang merupakan predesornya tidak sanggup bersaing karena hanya menawarkan dual camera di belakang.

Sebagai informasi, Redmi 8 memiliki resolusi kamera utama sebesar 12 MP dengan fitur dual pixel PDAF dan lensa 2 MP sebagai sensor kedalaman. Sementara itu, Redmi 9 memiliki empat lensa dengan resolusi kamera utama sebesar 13 MP, lensa ultra lebar sebesar 8 P, serta lensa 5 MP sebagai sensor makro. Keduanya sama-sama bisa merekam video dengan resolusi 1080p pada kecepatan frame rate 30 FPS.

6. Pilihan Warna

redmi 9 nfc

Satu lagi hal yang berbeda dari kedua ponsel ini, yakni pilihan warna. Jangan salah, keduanya sama-sama menghadirkan tampilan desain bodi belakang yang memukau dan aesthetic.

Redmi 9 hadir dengan varian warna Carbon Gray (abu), Sunset Purple (ungu), Ocean Green (biru kehijauan). Tidak ada warna merah ataupun hitam pada Redmi 9. Jika Anda lebih tertarik terhadap dua warna tadi, lebih baik memilih Redmi 8 yang memiliki varian warna Onyx Black, Ruby Red, dan Sapphire Blue.

Selain dari pilihan warna, ada perbedaan juga di bagian desain. Terdapat dekorasi lingkaran yang mengelilingi deretan kamera belakang serta tekstur yang cukup aman dari bekas sidik jari.

Sementara itu, Redmi 8 memliki bodi belakang dengan tekstur halus dan terbuat seperti kaca. Anda pun bisa melihat tulisan Redmi yang berada di satu wilayah dengan kamera belakang. Ditambah lagi, ada pula tulisan “Designed by Xiaomi” sehingga membuat tampilan Redmi 8 sungguh terlihat premium.

7. Ketahanan Baterai

baterai redmi 9

Kalau Anda ingin ponsel dengan kapasitas baterai yang besar, maka Redmi 9 dan Redmi 8 sama-sama mampu memenuhi keinginan Anda. Perbedaan kapasitas baterai di antara keduanya sungguh hanya terlampau sedikit.

Redmi 9 menghadirkan kapasitas 5020 mAh sedangkan Redmi 8 memiliki baterai sebesar 5000 mAh. Ditambah lagi, keduanya pun sama-sama menghadirkan fast charging 18 W, namun baik Redmi 8 dan 9 hanya menyertakan casan 10 W di kotaknya.

Laman resmi Xiaomi mengungkapkan bahwa Redmi 8 mampu bertahan hingga 3 hari dalam pemakaian normal dengan ketahanan pemutaran video selama 17 jam, pemutaran musik 180,5 jam, 28 jam durasi telepon, serta 16,5 navigasi.

Redmi 9 sedikit lebih unggul karena memiliki ketahanan baterai selama 19 jam dalam pemutaran video, durasi pemutaran musik selama 185 jam, navigasi berkelanjutan 19 jam, dan terakhir durasi telepon selama 31 jam.

Jadi walau di atas kertas Redmi 9 dan Redmi 8 hanya memiliki perbedaan sedikit, Xiaomi mengungkapkan secara tidak langsung kalau baterai Redmi 9 memang lebih tahan lama.

Simpulan

Dari poin-poin di atas, terlihat jelas apakah Redmi 9 ini lebih baik dari Redmi 8 atau tidak. Jawabannya tentu saja iya. Dari segi performa yang menakjubkan, jumlah dan resolusi kamera yang dihadirkan, serta layarnya yang memiliki resolusi lebih tinggi, Redmi 9 resmi menjadi pemenang.

Tapi bagi Anda yang sekarang sudah menggunakan Redmi 8, apakah layak untuk menggantinya ke Redmi 9? Jawabannya tergantung kebutuhan Anda. Jika yang Anda inginkan adalah layar yang lebih lebar, mungkin sebaiknya cari ponsel di segmen harga di atasnya.

Pasalnya, Redmi 9 sama-sama masih menggunakan IPS LCD dan ukurannya pun hanya sedikit lebih besar. Mungkin akan lebih cocok jika Anda beralih dari ponsel keluaran 2018 supaya banyak peningkatan drastis yang bisa Anda rasakan.

Namun jika Anda tetap memutuskan untuk mengganti Redmi 8 ke Redmi 9, setidaknya Anda masih dapat merasakan peningkatan cukup drastis dari segi performa gaming dan kamera belakang. Oh iya, jangan lupa untuk baca kelebihan dan kekurangan Redmi 9, juga kelebihan dan kekurangan Redmi 8.

Jika sudah mantap dengan pilihan Anda, silakan klik link ini untuk membawa pulang Redmi 9 dengan harga mulai dari Rp1.749.000 untuk varian 3 GB/32 GB. Sedangkan untuk memesan Redmi 8 seharga Rp1,6-jutaan (3/32 GB), klik di sini.

Share