3 Cara Transfer Pulsa Telkomsel Dan Syarat-Syaratnya

Asiba.Info – Bagi pengguna baru Telkomsel, sudah tahukah Anda bagaimana cara transfer pulsa Telkomsel? Jika belum, informasi berikut sangat cocok nih untuk Anda. Meski terlihat sepele, mengetahui cara transfer pulsa sebenarnya cukup penting lho. Misalnya saat teman / keluarga Anda sedang berada di situasi urgent dan membutuhkan pulsa tapi belum bisa membelinya, Anda bisa membantu dengan mentransfer pulsa.

Cara Cek Pulsa Telkomsel

Sebelum memberikan pulsa ke orang lain, pastikan dulu bahwa Anda sendiri juga memiliki pulsa ya, hehe. Biasanya, cara cek pulsa sudah tertulis di setiap kartu perdana yang Anda beli. Namun kebanyakan orang tidak memperhatikannya dan tentu saja bungkus kartu sudah langsung dibuang setelah melakukan aktivasi nomor. Ada lima cara nih yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui sisa pulsa Anda, yaitu:

  1. Dengan Kode USSD

Hanya butuh dua langkah untuk melakukannya, yaitu:

  • Buka menu dial up dan ketik *888#
  • Kemudian tekan ikon telepon atau tab OK. Jumlah pulsa akan langsung muncul di layar handphone beserta masa aktifnya.
  1. Hubungi 888

Pada beberapa kasus, kose USSD bisa mengalami error atau gagal karena sistemnya memang sedang bermasalah atau gangguan lainnya. Jika hal ini terjadi, Anda bisa langsung menelepon nomor 888 untuk bisa tersambung ke operator. Operator akan langsung menyebutkan berapa sisa pulsa Anda dan masa aktif/masa tenggangnya.

  1. Gunakan Aplikasi MyTelkomsel

MyTelkomsel adalah aplikasi self-service dari Telkomsel yang bisa Anda download secara gratis di Google Play atau App Store. Cara daftarnya sangat sederhana kok. Langsung saja buka aplikasi MyTelkomsel yang sudah Anda download dan install, lalu pilih “Sign Up”. Kemudian masukkan nomor Telkomsel Anda, masukkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor Anda, dan klik tulisan “Verify”.

Setelah berhasil mendaftar dan masuk ke halaman utama aplikasi, isi bagian nama akun dengan nama Anda. Persis di bawah nama inilah jumlah pulsa dan masa aktif kartu Anda tertera. Jika ingin mengetahui sisa pulsa Anda sewaktu-waktu, tinggal buka saja aplikasi ini.

  1. Buka Website MyTelkomsel

Jika Anda tidak bisa menginstall aplikasi MyTelkomsel karena memori handphone Anda sudah penuh misal, maka Anda bisa mengecek pulsa dengan membuka website https://my.telkomsel.com/. Selanjutnya, tulis nomor Anda di kolom Masuk MyTelkomsel yang ada di sebelah kanan, lalu klik “Lanjut” atau tekan Enter (jika Anda menggunakan laptop).

Anda akan segera mendapatkan SMS kode verifikasi, masukkan kode ini ke kolom yang sudah tersedia, dan situs MyTelkomsel akan langsung menginformasikan berapa sisa pulsa yang Anda punya plus masa aktifnya.

Catatan: Jika Anda menggunakan WiFi, biasanya proses ini akan gagal. Anda akan mendapatkan pesan berisi “Untuk kenyamanan Anda silahkan lakukan registrasi dengan menggunakan Jaringan Telkomsel atau …..” Karena itu, sebaiknya nyalakan dulu paket data Telkomsel Anda sebelum mengakses situs ini.

  1. Hubungi IVR

Interactive Voice Response (IVR) adalah operator penjawab otomatis yang akan memberikan informasi dan/atau arahan kepada pelanggan terkait hal yang dibutuhkan.

Agar terhubung dengan IVR Telkomsel, Anda bisa langsung telepon ke nomor 155 jika tak ingin kehilangan pulsa (gratis), lalu ikuti instruksi yang diberikan. Jika ingin berbicara langsung dengan operator (bukan mesin), Anda bisa menghubungi ke nomor 188 dan langsung tanyakan ke petugas pelayanan pelanggan mengenai sisa pulsa Anda. Namun, panggilan ini dikenakan tarif sekitar Rp 300 untuk sekali panggilan.

Baca Juga : Cara Mengecek Nomor Telkomsel

Telkomsel
Telkomsel.com

Cara Transfer Pulsa Telkomsel

Sudah tahu berapa sisa pulsa yang Anda miliki saat ini? Jika jumlahnya cukup untuk dibagi dengan nomor lain, adapun cara transfer pulsa Telkomsel berikut ini Anda bisa langsung mentransfer pulsa dengan tutorial berikut ini:

  1. Gunakan Layanan SMS

Cara klasik ini masih menjadi pilihan bagi sebagian orang karena dianggap mudah dan cepat. Caranya adalah:

  • Pilih dulu nomor mana yang akan Anda berikan pulsa
  • Lalu kirim SMS dengan format TPULSA (spasi) Jumlah Pulsa yang Akan Anda kirim (tanpa tanda titik pada nominal pulsa). Contoh: TPULSA 35000 kirim ke 081314367540. Dalam beberapa detik, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa proses tersebut berhasil.
  1. Dengan Layanan Dial Up

Cara ini hampir mirip dengan cara cek pulsa menggunakan dial up, yaitu:

Ketik kode *858# pada USSD Menu Browser

  • Tekan ikon telepon / Call
  • Pilih opsi “Transfer Pulsa” (biasanya ada di nomor 1)
  • Masukkan nomor tujuan yang ingin Anda berikan pulsa
  • Pilih Ok / Yes untuk konfirmasi, dan 858 akan langsung mengirim SMS notifikasi ke nomor Anda bahwa proses transfer pulsa telah berhasil.
  • Jika ingin lebih cepat, Anda juga bisa langsung ketik *858*nomor penerima pulsa*jumlah pulsa# Contoh: *858*081314367540*20000# lalu pilih OK / Yes
  1. Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Selain bisa digunakan untuk mengecek pulsa, aplikasi MyTelkomsel juga bisa digunakan untuk transfer pulsa dengan cara:

  • Buka aplikasi
  • Klik ikon keranjang belanja di bagian menu utama (di bagian paling bawah)
  • Selanjutnya, klik tulisan “Kirim Hadiah”
  • Masukkan nomor penerima pulsa. Bisa juga dengan klik ikon buku telepon dan cari di daftar kontak Anda.
  • Klik “Lanjutkan”
  • Di bagian “Ketegori”, pilih opsi “Pulsa”
  • Pilih nominal pulsa yang ingin Anda kirim. Nominalnya sudah ditentukan, jadi Anda tidak bisa menulis nominal sendiri. Paling sedikit adalah Rp 20.000 dan maksimal Rp 1.000.000.
  • Kemudian, pilih Metode Pembayaran apa yang ingin Anda gunakan (lewat LinkAja, Gopay, atau Dana).
  • Terakhir, klik “Beli” dan tunggu notifikasinya.

 

Syarat Transfer Pulsa Telkomsel

Jika proses transfer pulsa Anda tidak berhasil, mungkin saja Anda tidak memenuhi salah satu atau beberapa persyaratan di bawah ini:

  • Pengirim pulsa haruslah pengguna kartu AS, simPATI, atau Loop
  • Pengirim hanya bisa mentransfer pulsa ke sesama pengguna Telkomsel
  • Jumlah pulsa paling sedikit yang bisa Anda transfer adalah Rp 5.000 (kecuali dengan Aplikasi MyTelkomsel)
  • Maksimal transaksi per nomor dalam satu hari adalah 250 kali, dengan total pulsa yang ditransfer maksimal Rp 1.000.000. Jika dalam satu kali transaksi Anda langsung mengirim Rp 1.000.000, maka Anda tidak bisa melakukan transaksi lagi.
  • SIM card Telkomsel pengirim dan penerima harus berada dalam status aktif (belum masuk masa tenggang).
  • Pengirim pulsa akan dikenakan tarif Rp 1.500 per transaksi, dengan nominal pulsa yang ditransfer adalah Rp 5.000. Jika pulsa yang ditransfer Rp 20.000 atau lebih, biaya transaksi adalah Rp 2.000. Biaya transfer pulsa ini dibebankan kepada pengirim pulsa.
  • Setelah melakukan transfer pulsa, pengirim harus memiliki pulsa minimal Rp 5.000. Jika Anda hanya memiliki pulsa Rp 7.000 maka Anda tidak akan bisa melakukan transfer pulsa, karena sisa pulsa pasca transfer hanya Rp 2.000.
  • Transfer pulsa tidak akan menambah masa aktif nomor penerima seperti saat melakukan isi ulang pulsa di konter atau transfer bank/lewat aplikasi beli pulsa

Beberapa cara transfer pulsa Telkomsel di atas bisa langsung Anda praktekkan nih, mungkin ke teman, keluarga, atau bahkan gebetan. Namun jangan lupa, penerima pulsa harus satu operator dengan Anda ya, dan pastikan kalau jumlah pulsa Anda cukup untuk dibagi-bagi ke nomor lain.

Share

Tinggalkan komentar