12 Cara Perbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak

12 Cara Perbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak  – Sudah menjadi rahasia umum, bahwa keyboard adalah salah satu komponen dari lapton yang rawan kerusakan. Mulai dari kehilangan sebagian fungsi tombol, hingga tidak berfungsi sepenuhnya. Supaya Anda tidak merasa panik ketika sedang kerja atau belajar, dan tiba-tiba keyboard error. Tidak ada salahnya belajar bagaimana cara perbaiki keyboard laptop yang baik dan benar.

Untuk mengetahui kerusakan yang terjadi, dan seberapa parah, maka Anda perlu mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Dengan begitu, maka akan lebih mudah dalam menemukan solusi mengatasinya. Karena setiap penyebab mempunyai trik perbaikan yang berbeda. Jadi, bisa lebih menghemat waktu dan tenaga Anda.

 

Keyboard Laptop

Berikut Cara Perbaiki Keyboard Laptop yang Rusak

  1. Merestart Laptop

Cara ini merupakan salah satu solusi pertama yang paling banyak dilakukan. Selain memperbaiki masalah keyboard, restart juga bisa memperbaiki berbagai macam masalah di sistem operasi secara instan. Kalau ternyata laptop tidak dapat di restart, cobalah dengan menekan tombol power cukup lama hingga laptop mati, kemudian nyalakan kembali.

 

  1. Driver Error

Salah satu penyebab keyboard tidak berfungsi adalah terjadinya error pada driver. Bisa jadi hal tersebut dikarenakan serangan virus, dan lainnya. Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu, dengan membuka bagian Device Manager, kemudian periksa apakah ada ikon segita kuning di bagian keyboard. Kalau tidak, maka bisa mengunduh driver versi terbarunya.

 

  1. Membersihkan Kotoran dan Debu

Tidak bisa dipungkiri, bahwa kotoran dan debu yang terselip di antara tombol keyboard bisa menjadi penyebab kerusakan terbesar. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk selalu membersihkannya secara teratur. Karena kotoran yang menumpuk bisa menutupi berbagai komponen di keyboard, sehingga tidak heran kalau fungsinya menjadi tidak optimal.

 

Untuk membersihkan area keyboard, Anda dapat menggunakan pembersih khusus yang berbentuk seperti vacuum kecil. Selain itu, kalau keyboard terciprat atau tersiram air secara tidak sengaja, maka jangan tunda melakukan pembersihan luar, dan dalam. Dengan kata lain, Anda juga harus mencopot tombol dan mengeringkan papan sirkuit.

 

  1. Periksa Num Lock

Terkadang masalah pada keyboard sebenarnya disebabkan oleh tindakan Anda sendiri, yang dilakukan secara tidak sadar. Contohnya adalah menekan kombinasi tombol yang membuat Num Lock aktif. Kalau Num Lock dalam posisi ON, maka karakter yang muncul bisa berbeda dengan tombol yang ditekan. Kalau hal ini terjadi, usahakan jangan panik.

 

Menonaktifkan Num Lock tidaklah sulit. Tinggal tekan tombol “Fn” serta “Numlk” pada keyboard secara bersamaan. Mematikan Num Lock di beberapa jenis laptop memang bisa dilakukan menggunakan kombinasi tersebut, tapi mungkin tidak dengan yang lainnya. Agar tidak bingung, maka Anda bisa menghubungi pihak customer service dari produsen laptop.

 

  1. System Restore

Kalau masalah pada keyboard muncul setelah Anda menginstal suatu program atau aplikasi, maka bisa coba mengatasinya dengan restore sistem. Untuk laptop dengan OS Windows 7, dan Windows 8, bisa mencoba langkah-langkah di bawah ini :

 

  • Buka “Start Menu”
  • Search “Recovery”

Sedangkan pada Windows XP, adalah :

  • Klik “Start”
  • Pilih “All Programs”
  • Klik opsi “Accessories”
  • Pilih “System Tools”
  • Selanjutnya, klik “System Restore”

Setelah melakukan restore pada sistem, maka laptop akan kembali pada kondisi sebelum program baru diinstal. Jangan lupa, bahwa ada beberapa program yang bisa mendatang pada sistem, maupun keyboard laptop. Oleh karenanya, selalu aware dengan melakukan back up data penting terlebih dahulu sebelum restore system.

  1. Pastikan Keyboard Tidak Terkunci

Saat dalam keadaan Lock atau terkunci, maka keyboard tidak akan berfungsi dengan normal. Untuk mengatasinya, maka Anda harus melakukan unlock dengan cara seperti, mengubah setting default BIOS, mematikan fitur ease of acces, atau dengan restart laptop. Keyboard yang terkunci bisa menyebabkan sebagian, atau seluruh fungsinya mati.

 

  1. Ganti Keyboard Bawaan

Mengganti keyboard bawaan merupakan cara paling ampuh untuk mengatasi masalah tuts yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk menggantinya, Anda tinggal membeli keyboard baru melalui berbagai platform toko online, maupun datang ke toko fisik secara langsung. Karena yang penting adalah, Anda membeli keyboard yang sesuai tipe laptop.

 

Setelahnya, tinggal pasang sendiri. Caranya juga sangat mudah, dan dijamin hanya membutuhkan beberapa menit saja. Namun, kalau belum berpengalaman, dianjurkan membeli dan minta pasangkan di offline store. Dengan begitu, maka Anda tidak perlu bersusah-payah mencoba memasang sendiri.

 

  1. Konektor Lepas

Apabila Anda sudah mengaplikasikan beberapa cara di atas namun belum ada hasilnya, dan problem tidak bisa terdeteksi sistem. Masalahnya mungkin terletak pada konektor yang tertekuk, rusak, renggang, atau lepas. Untuk memperbaikinya, maka akan membutuhkan sedikit effort yang mungkin terasa sulit diaplikasikan, khususnya oleh non profesional.

 

Hal ini dikarenakan Anda diwajibkan menghubungkan kembali konektor, dengan cara membuka keyboard laptop. Kalau merasa so confident, maka bisa mengikuti tutorial di Youtube untuk memperbaikinya. Tapi kalau tidak berani, tidak ada salahnya pergi ke tempat service supaya ditangani dengan baik oleh ahlinya.

 

  1. Melepas Baterai Laptop

Cara yang satu ini juga tidak ada salahnya untuk dicoba supaya masalah keyboard dapat teratasi. Kalau belum pernah melakukannya, maka bisa mengikuti panduan sebagai berikut :

 

  • Klik ikon “Windows”
  • Pilih “Shut Down”
  • Setelah laptop mati sempurna, lepaskan baterai serta kabel adapter
  • Diamkan selama 1-5 menit
  • Tahan tombol power selama beberapa detik
  • Masukkan kembali baterai ke tempat semula
  • “Turn ON” laptop

 

  1. Menggunakan Keyboard Wireless atau USB

Anda sudah membawa laptop ke tempat servis namun ternyata biayanya cukup mahal? Alternatif solusi termurahnya adalah dengan menggunakan keyboard wireless, dengan jaringan bluetooth, atau keyboard USB, dimana Anda tinggal menghubungkan keyboard eksternal ke laptop dengan port USB. Anda bisa membelinya seharga lima puluhan ribu saja.

 

  1. Bawa ke Service Center Resmi

Cara paling aman dan dijamin ampuh 100% adalah dengan membawa laptop ke service center. Karena mungkin saja masalah disebabkan oleh hardware yang rusak. Tapi sebaiknya siapkan dulu anggaran yang cukup. Karena jika masalahnya cukup berat, maka biaya perbaikannya juga bakal mahal, dan menguras dompet Anda.

 

  1. Menggunakan ON Screen Keyboard

Anda membutuhkan laptop untuk digunakan dalam waktu cepat, dan kebetulan belum sempat membeli keyboard USB? Jangan khawatir, karena masih ada cara lain untuk mengatasinya. Jadi, pekerjaan dengan laptop juga tidak terganggu. Caranya adalah dengan menggunakan opsi on screen keyboard. Berikut adalah langkah-langkahnya :

 

  • Buka menu “Start”
  • Klik “Program”
  • Pilih “Accessories”
  • Klik Accessibility”
  • Pilih file “On Screen Keyboard”

On screen keyboard memiliki fungsi sama dengan keyboard fisik. Hanya saja cara penggunaannya harus dengan touchpad, atau mouse. Meskipun agak merepotkan, namun tetap worth to use, terutama saat kondisi terdesak.

Beberapa cara perbaiki keyboard laptop di atas dapat dijadikan referensi, khususnya saat mengalami masalah keyboard error. Apalagi, jika keyboard Anda tiba-tiba rusak pada saat urgent dan sedang digunakan. Memperbaiki keyboard sendiri pasti lebih hemat waktu, dibandingkan harus keluar rumah dan mencari tempat service.

Share

Tinggalkan komentar