6 Cara Perbaiki Aki Kering yang Benar dan Tepat

Cara Perbaiki Aki Kering – Sistem kelistrikan pada mobil ataupun motor pasti didukung dengan kondisi aki. Jika kondisi aki bermasalah, maka sistem kelistrikannya tidak bekerja sebagaimana mestinya. Jika aki kering mengalami kerusakan, harus segera diperbaiki. Simak beberapa cara perbaiki aki kering yang tepat berikut ini!

Cara Perbaiki Aki Kering dengan Tepat

Jenis aki dibagi menjadi 2 yakni kering dan basah. Keduanya memiliki sistem kerja yang sama, tetapi cara perawatannya sedikit berbeda. Khusus jenis aki kering, ketika ditemukan masalah atau ‘soak’, maka cara memperbaikinya adalah:

  1. Menyiapkan alat dan bahan

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika aki kering mengalami kendala adalah menyiapkan alat dan bahan seperti:

  • Obeng minus

Obeng minus berperan sebagai pembuka penutup aki. Alat ini akan memudahkan Anda untuk melepaskan aki dan penutupnya dari mobil atau motor.

  • Cairan isi ulang (zuur)

Ketika memperbaiki aki soak, maka dibutuhkan cairan isi ulang atau sering disebut dengan zuur. Cairan ini akan menggantikan cairan lama, sehingga aki bisa bekerja normal kembali. Banyaknya cairan disesuaikan dengan dari kapasitas box aki kering.

  • Kain lap

Kain lap berfungsi untuk membersihkan seluruh bagian aki yang mungkin saja terkena tumpahan zuur atau kotoran lain yang menempel.

  • Alat suntik

Alat suntik digunakan untuk memasukkan zuur ke dalam box aki kering. Alat suntik yang dipakai bisa berupa suntikan tinta printer.

  • Selotip/ lem

Selotip atau lem berfungsi sebagai perekat tutup aki. Jika menggunakan lem, pastikan memakai jenis lem khusus plastik.

 

  1. Melepaskan aki dari motor atau mobil

Langkah selanjutnya adalah melepaskan aki dari motor atau mobil. Caranya adalah melepas kabel di kutub negatif. Kemudian dilanjutkan pelepasan kabel kutub positif. Jika melakukan langkah ini dengan tepat, korsleting listrik tidak akan terjadi

Baca juga : cara perbaiki keyboard laptop

Memperhatikan kabel di kutub positif dan negatif sangatlah penting. Jika Anda melakukannya terbaik, bisa memunculkan percikan api dan terjadilah korsleting. Pastikan untuk selalu berhati-hati ketika melepaskan aki maupun saat hendak memasangnya kembali

  1. Pembersihan aki

Aki yang sudah dilepas, selanjutnya harus dibersihkan terlebih dahulu. Pembersihan dilakukan dengan kain lap (kasar dan lembut). Pastikan semua kotoran dan sisa cairan yang meluber sudah bersih tanpa sisa.

 

Pembersihan aki tidak hanya di bagian permukaan yang datar, tetapi juga harus dilakukan pada sela-selanya. Jika agak susah, Anda bisa menggunakan cotton buds. Namun, selama tahapan pembersihan, pastikan lap yang digunakan dalam keadaan kering.

 

  1. Membongkar penutup aki

Setelah memastikan kondisi aki sudah bersih, maka dilanjutkan dengan membongkar penutup aki kering Anda. Cara membukanya menggunakan obeng minus dan arahkan obeng ke tulisan ‘Do not open’.

Baca juga : Cara Mengecek Nomor Telkomsel 

Buka semua penutup aki di sisi samping hingga belakang. Pada tahap ini lakukan dengan hati-hati dan perlahan agar cairan di dalam aki tidak tumpah hingga dapat merusak aki itu sendiri.

 

  1. Pengisian zuur (cairan aki)

Langkah yang kelima setelah 6 penutup aki terbuka adalah memulai pengisian cairan aki (zuur). Sebelum itu, masukkan zuur pada alat suntik yang sudah disiapkan. Kemudian cairan dimasukkan pada setiap lubang aki setinggi 1 cm.

 

Setelah pengisian cairan selesai, tutup kembali aki kering Anda menggunakan selotip atau lem plastik. Pastikan tidak ada celah untuk mencegah udara masuk. Selain itu, ketika pengisian zuur, Anda harus berhati-hati dan jangan sampai cairan tersebut mengenai kulit.

 

  1. Penggunaan Bodrek

5 cara diatas merupakan cara memperbaiki aki kering secara umum yang pasti dilakukan di bengkel mobil ataupun motor. Namun, masyarakat sendiri kadangkala memiliki alternatif lain dalam memperbaiki aki kering, yaitu menggunakan bodrek. Langkah perbaikannya yakni:

  • Pada mulanya menyiapkan bahan dan alat (cairan aki/ zuur, obeng minus, kain lap kering, selotip/ lem plastik dan bodrek 1 butir)
  • Kemudian melepaskan aki dari motor atau mobil. Lakukan dengan hati-hati dan perlahan. Pelepasan aki harus dimulai dari kabel kutub negatif dahulu dan dilanjutkan ke kabel positif.
  • Membersihkan aki dengan kain lap hingga kotoran dan sisa cairan aki hilang
  • Membuka penutup aki menggunakan obeng minus
  • Mengosongkan air aki dan diganti dengan air panas, tujuannya untuk pembersihan aki bagian dalam dan mengaktifkan baterai yang sudah mati. (tahapan ini dilakukan selama beberapa kali)
  • Mengeringkan aki minimal 3 jam atau lebih hingga aki benar-benar kering sempurna.
  • Memasukkan zuur (cairan aki) yang dicampur serbuk bodrek di setiap lubang aki.
  • Menutup kembali aki kering hingga benar-benar rapat tanpa celah.

 

6 cara perbaiki aki kering yang dijelaskan di atas bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun, diperlukan kehati-hatian dan ketelitian agar tidak timbul masalah baru yang membahayakan. Jika kurang yakin untuk memperbaikinya sendiri, sebaiknya langsung minta tolong kepada orang yang sudah ahli.

Share

Tinggalkan komentar