4 Cara Mengecek Nomor Telkomsel Anti Ribet

Cara Mengecek Nomor Telkomsel – Apakah Anda adalah pengguna baru Telkomsel? Bungkus kartu perdana sudah terlanjur masuk tong sampah tapi Anda lupa belum menulis nomornya? Tenang, ada beberapa cara mengecek nomor Telkomsel dengan mudah dan cepat tanpa harus datang ke galeri kok. Ada yang berbayar sekitar Rp 400, ada juga Rp 0. Langsung cek yuk!

 

Telkomsel
Telkomsel.com

Cara Mengecek Nomor Telkomsel Bagi Pengguna Baru

Beberapa cara di bawah ini bisa Anda terapkan ke berbagai kartu Telkomsel, mulai dari Simpati, AS, Loop, dan bahkan kartuHalo.

  1. Minta Bantuan Teman

Cara ini adalah yang paling mudah dan cepat, karenanya ada di urutan pertama. Saat membeli kartu perdana baru, tentunya kartu tersebut sudah ada pulsanya, kan? Meskipun mungkin hanya Rp 5.000, hehe.

Tergantung dimana Anda sedang berada, Anda bisa meminta bantuan teman, keluarga, saudara, tetangga, atau yang lainnya untuk melihat nomor Anda. Caranya adalah dengan mengirim SMS atau miscall ke nomor tersebut, dan layar handphone teman / tetangga Anda akan langsung menampilkan nomor baru Anda. Sangat sederhana, bukan?

  1. Gunakan USSD Menu Browser (UMB)

Cara kedua juga tak kalah mudah nih dengan cara sebelumnya. Bahkan, Anda tidak membutuhkan modal pulsa sama sekali lho. Pastikan saja bahwa sinyal Anda sedang bagus ya. Jika Anda belum tahu, USSD adalah singkatan dari Unstructured Supplementary Service Data, yang dalam bahasa Indonesia berarti “Data Layanan Tambahan Tidak Terstruktur”, atau terkadang juga disebut dengan “Kode Cepat”.

USSD sendiri adalah protokol komunikasi yang digunakan oleh telepon seluler GSM untuk membantu pelanggan agar bisa berkomunikasi dengan komputer operator jaringan seluler. Cara menggunakan USSD Menu Browser untuk mengecek nomor Anda adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke dial up pada smartphone Anda
  • Lalu tekan *808#
  • Kemudian tab ikon / logo telepon atau tab tombol Yes / Ok

Sesaat kemudian, layar handphone akan menampilkan pop up notifikasi yang berisi nomor telepon dari kartu yang Anda gunakan. Anda bisa langsung screenshoot informasi ini atau tulis nomor Anda di buku catatan. Jika dibutuhkan, informasi ini juga bisa dikirim ke handphone Anda dalam bentuk SMS, tapi pulsa Anda akan terpotong otomatis sekitar Rp 100 per SMS.

Khusus untuk pengguna simPATI, Anda juga bisa mencoba di *999# kemudian tab logo telepon / Ok / Yes. Kemudian tekan opsi Reply dan pilih sub menu yang sesuai dengan informasi yang ingin Anda dapatkan.

 

Baca Juga : Cara Mengecek Nomor Indosat

  1. Cek dari Aplikasi

Cara Mengecek Nomor Telkomsel adalah jika Anda tidak memiliki pulsa tapi memiliki paket data internet yang berlimpah, maka Anda bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel untuk mengecek nomor Anda. Namun untuk bisa menggunakannya, sebelumnya Anda sudah harus mendaftar akun terlebih dulu ya. Rincian caranya adalah sebagai berikut:

  • Saat pertama kali membeli kartu perdana dan sudah melakukan aktivasi, download dan install aplikasi MyTelkomsel ke smartphone Anda. Aplikasi ini kompatibel dengan Android dan iOS, serta gratis untuk di download.
  • Selanjutnya, buka aplikasi dan lakukan registrasi dengan mengklik tombol Sign Up
  • Lalu masukkan nomor Anda
  • Operator akan langsung mengirim SMS berisi kode verifikasi ke nomor yang Anda daftarkan. Masukkan kode tersebut ke kolom yang sudah tersedia di aplikasi, lalu klik tulisan
  • Secara otomatis, nomor Anda sudah terdaftar di aplikasi MyTelkomsel.
  • Pada halaman utama aplikasi, masukkan nama Anda sebagai nama akun. Bisa nama panggilan saja atau nama lengkap, tidak ada aturan khusus mengenai hal ini.

Selanjutnya, setiap kali Anda membuka aplikasi MyTelkomsel, Anda akan langsung melihat nomor Anda di beranda utama bagian kiri atas, di bawahnya adalah nama akun Anda, jumlah pulsa dan masa aktif, serta sederet opsi paket internet dan promo-promo menarik.

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan aplikasi ini, mungkin masih tampak asing ya. Singkatnya, MyTelkomsel adalah aplikasi self-service khusus untuk pelanggan Telkomsel agar lebih mudah menikmati berbagai layanan dari Telkomsel (baik kartu AS, Simpati, Loop, maupun Halo). Ada banyak sekali fitur menarik yang bisa Anda temukan di aplikasi ini, seperti:

  • Isi ulang pulsa dengan berbagai metode pembayaran (LinkAja, OVO, Gopay, ShopeePay, Dana)
  • Membeli paket SMS, paket telepon, paket roaming, hiburan, dan data internet (mulai dari kuota harian, mingguan, 30 hari, paket khusus Youtube, Instagram, dan banyak lagi)
  • Bisa digunakan untuk upgrade kartu Telkomsel Anda ke jaringan 4G hanya dengan mengisi formulir online.
  • Kirim pulsa atau paket data ke nomor teman / keluarga
  • Bayar tagihan kartuHalo
  • Isi ulang kredit
  • Bisa juga untuk mengecek saldo LinkAja

Setiap kali Anda melakukan isi ulang pulsa dengan MyTelkomsel, Anda akan mendapatkan poin yang jumlahnya tergantung pada nominal pulsa yang Anda beli. Nantinya, poin-poin ini bisa Anda tukar dengan kupon hadiah yang akan diundi setiap tanggal tertentu, atau tukar dengan berbagai produk dari merchant langganan.

Jika koneksi internet Anda tidak stabil, paket data Anda tidak banyak dan ingin berhemat, atau kapasitas memori smartphone Anda terbatas. Telkomsel juga memiliki aplikasi MyTelkomsel Lite yang lebih ringan dan ringkas lho.

Aplikasi minimalis ini hanya fokus pada pembelian paket data, cek kuota, dan kirim hadiah ke nomor lain (kirim pulsa/paket data). Aplikasi ini juga bisa Anda dapatkan secara gratis di Google Play dan kompatibel dengan Android OS Marshmallow (6.0.1) atau di bawahnya.

  1. Hubungi Operator

Jika Anda memiliki pulsa berlebih dan ingin mendapatkan informasi yang jelas via suara, langsung saja hubungi operator Telkomsel di nomor 133 untuk pengguna kartu Halo dan call center 188 untuk pelanggan Kartu As, simPATI, dan Loop.

Jika Anda menghubungi call center 133, Anda tidak akan dikenakan biaya sama sekali. Namun untuk call center 188, tarifnya sekitar Rp 300 – Rp 400 per panggilan. Bagi Anda yang sedang berada di luar negeri, bisa menghubungi ke nomor 08110000333 agar tarifnya lebih murah.

 

Cek Nomor Telkomsel Terdaftar

Jika beberapa cara di atas sudah Anda coba tapi belum ada yang berhasil juga, mungkin saja nomor baru Telkomsel Anda belum benar-benar terdaftar, mungkin saja gagal, sistem sedang error, atau masalah teknis lainnya. Bisa juga karena Anda salah memasukkan satu digit nomor KTP Anda. Apakah Anda yakin sudah melakukan registrasi kartu SIM dengan benar?

Cara termudah untuk memastikan apakah nomor Anda benar-benar sudah terdaftar atau belum adalah dengan mengecek melalui USSD Menu Browser. Cukup tekan *444#, kemudian pilih opsi Cek Status Registrasi, masukkan 16 digit nomor KTP Anda, dan Anda akan langsung mendapatkan SMS dari 444 4 yang berisi informasi tentang nomor yang dimaksud.

Bagi Anda yang kesulitan untuk menghafal nomor ponsel sendiri, terutama jika Anda memiliki nomor lebih dari satu, bisa menggunakan salah satu dari empat cara mengecek nomor Telkomsel di atas. Tergantung pada situasi, Anda bisa menggunakan menu dial up, miscall nomor teman, hubungi operator, atau langsung saja buka aplikasi MyTelkomsel. Semuanya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja saat dibutuhkan.

Share

Tinggalkan komentar