10 Aplikasi Terbaik untuk Download YouTube di Android

Sekarang ini, keberagaman jenis konten yang bisa dilihat di YouTube sudah berkembang dengan luar biasa pesat. Inilah yang membuat kegiatan menonton YouTube begitu digemari oleh berbagai kalangan, entah itu murid yang ingin mencari referensi pelajaran ataupun seorang fans yang ingin menyaksikan live performance dari idolanya.

Masalah baru akan muncul ketika Anda kehabisan kuota ataupun berada di lokasi yang tidak dijangkau oleh internet. Untuk mengatasinya, Anda perlu cara untuk bisa menonton YouTube secara offline, dan cara yang paling ampuh tentu dengan mendownloadnya terlebih dahulu saat berada di wilayah yang terjangkau Wi-Fi.

Karena aplikasi YouTube resmi tidak menyediakan fitur download secara gratis, sejumlah pengembang aplikasi Android pun tidak tinggal diam sehingga mampu menghasilkan beragam aplikasi YouTube downloader yang tidak hanya gratis melainkan juga mudah dan praktis. Apa sajakah aplikasi-aplikasi tersebut? Simak 10 aplikasi download YouTube di Android berikut ini.

1. KeepVid

KeepVid merupakan aplikasi Android untuk mengunduh video YouTube yang antiribet. Anda hanya perlu menyalin link file video yang ingin diunduh dan memasukkannya pada aplikasi ini. KeepVid juga berfungsi untuk mengunduh video dari beragam format seperti MP3, M4A, MP4, MOV, dan AVI.

Tidak perlu khawatir video yang diunduh memakan storage di penyimpanan internal, karena KeepVid memungkinkan Anda menyimpan video langsung ke SD Card.

Jika ingin mengunduh dengan lebih cepat lagi, gunakan saja browser bawaan dari KeepVid supaya link video yang diklik bisa langsung terdeteksi oleh aplikasi. Anda pun hanya perlu melakukan sekali tap untuk mengunduh video. Praktis, bukan?

2. Videoder

Videoder

Tidak hanya tersedia untuk Android, Videoder yang merupakan aplikasi pengunduh video ini juga tersedia untuk platform Windows. Ada lebih dari 50 situs dan medsos yang di-support oleh Videoder, termasuk Facebook, Instagram, Vimeo, DailyMotion, dan masih banyak lagi.

Yang sungguh menarik, Anda bisa menyalinkan sebuah link unduhan video dan Videoder bisa mendeteksinya secara langsung serta memunculkan jendela pop-up agar Anda bisa mengunduhnya.

Videoder juga mendukung pengunduhan video dengan berbagai macam format dan resolusi hingga 4K. Untuk Anda yang ingin mengunduh banyak video dalam sekali klik, sudah tersedia juga fitur batch downloading. 

3. TubeMate

TubeMate

Seperti aplikasi download video pada umumnya, TubeMate juga menghadirkan browser terintegrasi yang bisa Anda gunakan untuk menjelajahi platform video seperti YouTube, Vimeo, DailyMotion, dan sebagainya.

Saat tiba di laman video, pengguna hanya perlu melakukan tap pada ikon panah hijau untuk mengunduhnya. TubeMate juga memiliki pengaturan yang cukup lengkap, dari pengaturan batas kecepatan, jumlah unduhan yang bisa berjalan secara bersamaan, mengaktifkan auto resume, dan masih banyak lagi.

Berkat fitur multi-thread yang dimilikinya, TubeMate juga bisa mengunduh video lebih cepat ketimbang cara download biasa, dan tentunya sudah mendukung resolusi dari yang terkecil 240p hingga paling tinggi 1080p.

4. NewPipe

NewPipe

Fitur pengunduhan video hanyalah salah satu dari segelintir fitur lainnya pada NewPipe. Aplikasi ini berfungsi sebagai alternatif dari aplikasi YouTube resmi.

Di sini Anda bisa merasakan berbagai fitur premium secara gratis seperti picture-in-picture, membuat video tetap berjalan walau layarnya dikunci, dan sebagainya.

NewPipe juga bisa membuat Anda mengatur jumlah thread yang ingin disediakan demi kelancaran download. Tidak lupa, di sini Anda bisa mengunduh juga file audio dan caption.

5. YouTube Go

aplikasi yang lagi hits YouTube Go

Rupanya ada juga aplikasi resmi dari YouTube yang bisa dipakai untuk mengunduh video, yakni YouTube Go. Pada dasarnya, YouTube Go ini berfungsi sebagai versi ringan dari aplikasi regulernya. Selain bisa menonton video secara offline, di sini Anda juga bisa lebih menghemat kuota internet.

Ditambah lagi. YouTube Go menyediakan preview supaya Anda tahu apakah video yang ingin ditonton merupakan yang Anda cari atau bukan. Hal ini bisa membantu Anda untuk menghindari penggunaan kuota internet yang sia-sia.

Untuk Anda dengan ponsel yang memori internalnya terbatas, YouTube Go juga bisa menyimpan video pada SD Card yang tersemat pada ponsel. Tertarik menggunakan YouTube Go? Dapatkan aplikasinya di sini.

6. SnapTube

Snaptube

Berikutnya adalah aplikasi SnapTube yang menghadirkan pengunduhan video beresolusi 2K dan 4K. Anda bisa memilih seberapa besar ukuran file yang ingin diunduh agar tidak terlalu banyak memakan kapasitas memori.

SnapTube pun memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah tampilan antarmuka yang bersih dan nyaman dilihat, keberadaan fitur Dark Mode. dan kemampuan mengonversi file video menjadi audio.

Jika Anda memerlukan aplikasi pengunduhan video yang aesthetic dan memiliki fitur floating player agar Anda bisa menonton video sambil melakukan aktivitas lain, SnapTube adalah pilihan yang tepat.

7. VidMate

Vidmate

Mengunduh video, film, dan lagu kini tidak perlu pusing lagi karena sudah ada Vidmate yang sudah mendukung lebih dari ratusan platform, dari yang terpopuler seperti YouTube dan Vimeo hingga ke situs-situs yang berada di level lokal seperti saluran olahraga.

Ini adalah aplikasi all in one di mana Anda bisa melakukan streaming dan unduh selayaknya aplikasi YouTube, namun dengan pilihan video yang jauh lebih banyak karena mengintegrasikan ratusan platform pada satu aplikasi.

8. InsTube

Instube

Pilihan lainnya yang bisa Anda coba adalah InsTube. Tidak nanggung-nanggung, aplikasi pengunduh video ini mampu melakukan download dengan resolusi hingga 8K! Pastinya, hal ini berguna jika Anda berencana mengunduh video untuk ditonton di TV yang memang mendukung 8K.

Sementara itu, aplikasi ini mendukung juga beragam format seperti MP3, MP4, 3GP, M4A, dan juga PNG. Bagi Anda yang tidak ingin orang lain melihat video yang sudah diunduh, tersedia juga fitur penguncian audio dan video.

Anda bisa mengunduh video melalui aplikasi ini ataupun melalui aplikasi YouTube. Caranya pun cukup mudah, kunjungi video yang ingin ditonton lalu tap pada menu Share. Kemudian pilih menu Download with InsTube dan proses download pun segera berjalan setelah Anda memilih resolusi dan format.

9. YMusic

ymusic

Ingin menonton YouTube ala-ala Spotify? Dengan YMusic, keinginan Anda bisa terkabulkan. Anda bisa menonton video YouTube sambil mengunci layar dan memasukkan ponsel ke dalam kantong.

Dengan YMusic, video tutorial bisa menjelma menjadi podcast dan live performance bisa menjelma menjadi audio agar Anda bisa mendengarkannya saat sedang berkendara ataupun beragam aktivitas lainnya.

Dan karena aplikasi ini masuk ke dalam daftar, tentu saja YMusic juga bisa diandalkan untuk menyimpan video ke media penyimpanan supaya Anda bisa menonton ataupun mendengar video walau habis kuota atau berada di pesawat.

10. YT3 YouTube Downloader

yt3yd

YT3 YouTube Downloader memiliki antarmuka yang bersih dan simpel, sehingga siapapun dijamin bisa menggunakannya dengan mudah berkat navigasinya yang straightforward.

Mengunduh video dengan kualitas rendah ataupun tinggi juga tidak menjadi masalah, karena selayaknya YouTube downloader, aplikasi ini juga sudah mendukung berbagai resolusi video serta format audio MP3.

Ditambah lagi, YT3 YouTube Downloader juga cocok bagi Anda yang ingin mendengarkan lagu dari YouTube sambil melihat liriknya. Ingin mendapatkan aplikasi ini? Unduh YT3 YouTube Downloader melalui link ini.

Yap, sekarang setelah Anda mengetahui opsi-opsi yang bisa dimiliki untuk mendownload YouTube, sudah tidak ada lagi kendala saat internet Anda mati. Jadi dari kesepuluh aplikasi di atas, manakah yang mau Anda coba duluan? Beritahukan preferensi Anda di kolom komentar ya!

Share